Polres Pelabuhan Belawan Kerahkan 177 Personil Amankan Vihara dan Klenteng

LASSERNEWS.COM - Medan, Polres Pelabuhan Belawan melaksanakan pengamanan perayaan hari Raya Imlek di wilayah hukum 4nya, Selasa (5/2/2019) pagi, sekira pukul 07.00 WIB. 

Pengaman itu dilakukan terhadap umat beragama Budha yang sedang melaksanakan sembahyang di sejumlah Vihara dan Pekong.

Sebelum melakukan pengamanan, Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan Lubis, SH, MH terlebih dahulu melaksanakan apel serta membagi plotingan terhadap personilnya. 

telah menempati ploting masing – masing dan melakukan sterilisasi disekitar objek pengamanan dan berkoordinasi dengan pengurus Vihara dan Klenteng.

Personil yang terlibat dalam pengamanan Vihara dan Klenteng telah menempati plotingan masing-masing dan melakukan sterilisasi di sekitar objek pengamanan serta berkoordinasi dengan pengurus Vihara dan Klenteng. 

Jumlah personil pengamanan yang dilibatkan dalam pengamanan perayaan / sembahyang Hari Raya Imlek diwilkum Polres Pelabuhan Belawan sebanyak 177 orang personil yang terdiri dari, unsur Pimpinan sebanyak 3 orang, unsur Pelaksana/ Penjab sebanyak 11 orang,personil Pam Vihara dan Padal sebanyak 163 orang

Adapun Vihara da  Klenteng yang dilakukan pengamanan diwilkum Polres Pelabuhan Belawan sebanyak 44 Vihara dan Klenteng dengan yang berada di wilkum Polsek Belawan sebanyak 6 Vihara dan Klenteng, Polsek Medan Labuhan sebanyam 30 Vihara dan Klenteng dan di Polsek Hamparan Perak :sebanyam 8 Vihara dan Klenteng.

Sementara, dari 50 Vihara yang dilakukan pengamanan, terdapat 7 Vihara besar yang dilakukan prioritas pengamanan yakni,Vihara Hiap Thia Keng di Jalan Rupat Belawan, Pekong Thai Seng Tuah di Jalan Pelabuhan Perikanan Gabion, Pekong Kio Ong Ya, Perum Pesona Malibu, Kelurahan Rengas Pulau, Pekong Siu San Keng di Jalan KL Yos Sudarso Lk. IX, Kelurahan Pekan Labuhan, Pekong Sewa Cit Seng Kong, Lk. V, Kelurahan Besar, Vihara Purba Rama di Jalan Timah, Kelurahan Kota Bangun dan Klenteng Budhi Kamti du Desa Paya Bakung," jelas AKBP Ikhwan Lubis. 

Kemudian, orang nomor satu di Polres Pelabuhan Belawan menambahkan, kegiatan pengamanan tersebut dilakukan oleh personil Polres Pelabuhan Belawan dan Polsek jajaran dengan cara terbuka dan tertutup dengan terlebih dahulu berkoordiasi kepada pengurus Vihara dan Klenteng.

Selain itu, Kapolres Pelabuhan Belawan beserta PJU Polres Pelabuhan Belawan juga melakukan patroli dan monitoring situasi Kamtibmas perayaan Imlek diantaranya di Vihara Siu San Keng Pekan Labuhan dan Vihara Cit Seng Kong Paya Rumput.

"Sampai saat ini situasi diwilkum Polres Pelabuhan Belawan terkait pengamanan Sembahyang dan perayaan hari Raya Imlek masih dalam keadaan aman dan baik," tuturnya.(ismal)
Lebih baru Lebih lama