Putra KSAD Dudung Dapat Acungan Jempol dari Jenderal Andika


OTORITA.ID-Magelang, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman dan istri, Rahma Dudung Abdurachman tak bisa menahan haru dan bangga ketika menghadiri upacara wisuda 1.028 Prajurit Bhayangkara Taruna (Prabhatar) Akademi TNI dan Akademi Kepolisian di Lapangan Sapta Marga Akademi Militer (Akmil) Magelang, Senin (31/10/2022). 


Pasalnya, putra tercinta Jenderal Dudung menjadi salah satu Taruna yang ikut diwisuda. Dia adalah Taruna Akmil TNI AD Muhammad Akbar Abdurachman. "Rasa haru, bahagia, bangga terlihat dari para orang tua yang turut hadir pada acara tersebut usai acara wisuda. Termasuk saya bersama istri saat menemui anak kami tercinta, Prajurit Taruna Muhammad Akbar Abdurachman," ujar KSAD Dudung yang membagikan momen tersebut di akun Instagram pribadinya @dudung_abdurrachman dikutip, Selasa (1/11/2022).


Dalam foto yang dibagikan Jenderal Dudung, tampak Muhammad Akbar Abdurachman bertemu dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan istri Diah Erwiany. Muhammad Akbar menyalami Jenderal Andika sambil menunduk. Panglima TNI memberikan acungan jempol kepada Muhammad Akbar yang telah lulus menjadi Prabhatar TNI. Suasana pertemuan KSAD Dudung dan Jenderal Andika tampak berlangsung hangat. Senyum semringah tergambar dari wajah mereka.


"Pendidikan Dasar Integrasi TNI-Polri yang digelar bertujuan untuk menyamakan materi dasar keprajuritan bagi para Taruna," kata Dudung. 


Selain itu, lanjut dia, pendidikan integrasi juga memupuk rasa kebersamaan, soliditas, sehingga para Taruna seluruh Matra dapat saling mengenal dan menumbuhkan jiwa korsa yang kuat selama menjalani pendidikan serta ketika nantinya lulus menjalani penugasan di kesatuan. 


"Semoga hal ini dapat menjadikan para taruna memiliki kinerja yang baik ketika nantinya lulus dan menjalani penugasan pada masing-masing kesatuan," tutupnya.


Mengutip keterangan di akun @tni_angkatan_darat, upacara wisuda Prabhatar Akademi TNI dan Akpol dipimpin langsung Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. 


Dalam sambutannya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan TNI dan Polri telah membuat nota kesepahaman untuk menyelenggarakan Pendidikan Dasar Integratif Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian.


Ini langkah untuk memupuk soliditas dan sinergisitas TNI-Polri sejak dini. "Saya pesan kepada para Taruna agar terus meningkatkan soliditas dan sinergisitas yang telah terjalin selama menempuh pendidikan dasar integrasi. 


Diharapkan pada tahun 2026, ketika rekan-rekan menyelesaikan pendidikan, maka akan lahir sosok-sosok perwira TNI-Polri yang mampu berjuang bersama dalam rangka mempererat kebhinekaan guna mewujudkan Indonesia Maju," kata Kapolri. 


Wisuda kali ini diikuti 1.028 taruna, terdiri dari 379 Pratar Akmil, 250 Pratar AAL, 149 Pratar AAU, dan 250 Bhatar Akpol. Mereka telah berhasil menyelesaikan Program Pendidikan Dasar Integratif Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian dengan baik. (Red)

Lebih baru Lebih lama