Akhir Jabatan Faduhusi Daely Launching 4 Objek Wisata di Nias Barat

DETEKSI.co - Nias Barat, Diakhir masa jabatan, Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.pd.,MA.,MM melaunching destinasi wisata Desa Hilisoromi, Kecamatan Moro'o, Kabupaten Nias barat, yang berlangsung di Pantai Indah Gawu Balohili inilah lokasi ke empat yang di lounching Bupati Nias Barat, Jum'at (16/4/2021).

Pada kegiatan ini turut dihadiri oleh Staf ahli, para asisten,wakil ketua I DPRD Nias barat Haogomano Gulo, fraksi partai Hanura, Camat Moro'o Ukirman G. Waruwu, S.Ip., Kepala desa se Kecamatan Moro'o, Kadis pariwisata Elfira Hotmulani, Pimpinan OPD dan Ibu Kabag  lingkup Pemkab Nias barat, BPD dan aparat pemerintah setempat, Kepela Sekolah SD, SMP, dan SMA, Tokoh masyarakat, dan tokoh adat se Kecamatan Moro'o,para wartawan kabupaten Nias Barat.

Camat Moro'o Ukirman G Waruwu, S.Ip menyampaikan pada salam pembukaannya Laporkan Situasi Pantai Indah Gawu Balohili kepada Bupati.

"Inilah situasi Pantai Indah Gawu Balohili yang sungguh indah, sejuk dan sangat menarik. Ditengah-tengah pantai ini ada danau dan kami sudah siapkan perahu untuk bisa berlayar di danau ini" ungkapnya

Dikatakan Camat bahwa kegiatan launching destinasi wisata di Pantai Indah Gawu Balohili ini, tidak ada kapasitas kontribusi masyarakat tapi ini adalah kolaborasi antara Dinas pariwisata, Pemerintah Kecamatan Moro'o, Pemerintah desa Hilisoromi dan seluruh Pemerintah desa se Kecamatan Moro'o".Jelasnya

"Selamat datang kepada bapak Bupati Nias barat, pimpinan DPRD Nias barat dan seluruh hadiri, yang telah hadir pada acara ini dan inilah situasinya di depan ada jalan lingkar nasional menuju Afulu Nias Utara, dan kalau tidak ada perhatian kepada pemerintah maka begilah keadaannya" ucap  Camat Moro'o.

Kepala desa Hilisoromi Feredi Gulo, S.Pd., mengharapkan pada laporannya "agar tempat wisata Pantai Indah Gawu Balohili yang ada di desa Hilisoromi ada perhatian khusus dari tingkat pemerintah, baik dari pusat, provinsi dan Kabupaten Nias barat, terutama akses jalan yang sangat sulit di lalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat", harapnya.

Haogomano Gulo sebagai wakil ketua I DPRD Kabupaten Nias Barat menyampaikan mari kita saling bergandengan tangan saling bertukar pikir supaya tempat destinasi wisata di Nias barat bisa terwujud.

Kami berharap kepada kepala desa Hilisoromi dan masyarakat desa Hilisoromi dan tokoh pemuda setempat mari mulai menjaga kesuksesan ini, karena yang di hendaki oleh pengunjung wisata yaitu kenyamanan, keamanan lingkungan karena apapun seindahnya tempat wisata kalau tidak aman dan nyaman tentu tidak terwujud"harapnya

"Kami dari lembaga DPRD Nias Barat sangat mendukung kegiatan ini, dan kami tidak bisa berjanji untuk memberi sesuatu tapi mari kita saling berdoa, agar tempat wisata ini bisa berkembang dan maju"ucap Haogomano Gulo.

Bupati menyampaikan pada arahannya Destinas pariwisata kita sudah buka 4 lokasi objek wisata pada masa akhir jabatan ini dan ini sebagai acuan untuk kedepan kalau bukan sekarang kapan lagi, Tutur Bupati. 

Bupati Nias Barat Launching dengan pemukulan Gong sebanyak 8 kali oleh wakil ketua DPRD Nias Barat dari Fraksi Hanura dan selanjutnya penyerahan SK kepada kelompok sadar wisata. 

Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd,MA,MM menjelaskan bahwa ke empat lokasi objek wisata yang telah di lounching, yakni :
1. kamadu Beach di Desa Tetehosi. 
2. Air terjun lawu lawu dan Bukit Golgota di Desa Sisobaoho. 
3. Puncak Harmoni Gunung Somomo di Desa Lologolu. 
4. Pantai Gawu Balohili di Desa Hilisoromi, oleh kadis pariwisata nias barat telah mengajukan proposal kepada Menteri Pariwisata dan kepada Menteri Desa, jadi kita yakin objek wisata yang telah di lounching akan terus di kembangkan dan di majukan kedepan, Jelas Bupati kepada wartawan saat di konfirmasi. (Utema Gulo)
Lebih baru Lebih lama