Program Kotaku Rp 3 M dari Kementerian PUPR

Deteksi.co - Taput, Sebagai Penerima Program Kotaku, Bupati Taput Pimpin Rapat Sosialisasi "Program Kotaku" untuk penataan kawasan kumuh dengan alokasi anggaran senilai 1 miliar per lokasi, dimana Taput mendapat 3 lokasi, dengan anggaran masing  - masing Rp.1 miliar. 

Pengerjaan Program Kotaku bersifat padat karya oleh Kelompok Kerja Masyarakat. 

Peserta sosialisasi Perangkat Daerah yang terkait dalam pemenuhan 7 Indikator Pengentasan Kawasan Kumuh, Camat, Kepala Desa dan Lurah Lokasi Kegiatan Program Kotaku Tahun 2021, di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, Selasa (20/04/2021).

Lokasi Program Kotaku di Kabupaten Tapanuli Utara, yakni Desa Hita Nagodang Kecamatan Muara, Kelurahan Pasar Siborong-borong dan Kelurahan Partali Toruan Kecamatan Tarutung. 

Tapanuli Utara sebagai salah satu lokasi penerima Program Kotaku dari Kementerian PUPR dan Sosialisasi ini bertujuan agar Perangkat Daerah dalam program Kotaku ini. 

"Untuk mengelola anggaran tersebut, perlu kualitas SDM yang mumpuni, berintegritas untuk penataan kawasan kumuh dan memahami apa itu "Program Kotaku" sehingga perlu ada sosialisasi dan Kementerian PUPR secara langsung sehingga program ini tepat sasaran di 3 (tiga) lokasi tersebut," ujar Bupati. 

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa program ini sangat penting dalam penataan kota. 

Kita benar - benar manfaatkan dan lokasi yang tepat di desa atau kelurahan yang sudah dihunjuk. Harus sepakat dan sinergi di desa tersebut untuk lokasi program dimaksud.  

"Kita harus kerja keras untuk terus mendapatkan program - program di Kementerian untuk kita dapatkan alokasinya di Taput.

Di samping bedah rumah dan irigasi, kita juga dapatkan program Kotaku di 3 titik dan kita berharap ini akan semakin bertambah titiknya di waktu selanjutnya. 

Kita juga akan sinergikan dengan Data Desa Presisi yang akan segera kita luncurkan, dalam waktu dekat," ujar Bupati mengakhiri. 

Adapun narasumber dalam sosialisasi tersebut diisi langsung oleh PPK Wil I BPPW Kementerian PUPR  A.Akbar dan Askot (Asisten Kordinator) Mandiri KOTAKU Freddy B.Sitorus. (en)

Lebih baru Lebih lama