Tim Pemugaran & Pembangunan Tugu Mauwu Hia Si 5 Mo Ina Lahomi Audensi ke Bupati


OTORITA.ID-Nias Barat, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu terima audensi Tim formateur pemugaran dan pembangunan tugu mauwu Hia Si lima mo ina Lahömi bersama 15 orang Kepala Desa mauwu hia, diruang kerja  Bupati Nias Barat, yang di dampingi oleh Pj. Sekda Nias Barat Sozisokhi Hia, SH, MM dan Kadis Pendidikan Hadrianus Hia, S.Pd., MM, Senin (17/10/2022).


Oleh Ketua Tim formateur pemugaran dan pembangunan tugu hia si lima mo ina Meiatasi Dolai memaparkan program kegiatan pemugaran dan pembangungan tugu mauwu hia si lima mo ina Lahömi yg terletak di Simpang Tiga Lahömi Desa Sisobandrao Kecamatan Sirombu sebagai wujud pelestarian budaya dan karya tangan orang tua pendahulu oleh generasi muda mauwu hia saat ini.


Lanjutnya, Tugu mauwu silima mo ina mauwu hia  dibangun pada tahun 1991 dengan swadaya seluruh Keluarga, Tokoh dan So Ikhu So Bawanazese (Penatua Adat) pada masa itu serta  merupakan simbol persatuan dan keutuhan Mauwu Hia Si lima mo ina Lahömi.


Kemudian, Untuk rencana pembangunan bundaran di pertigaan simpang tiga lahömi,  tim telah melakukan  pembebasan lahan baik lokasi pertapakan tugu saat ini telah di tambah luasnya demikian juga pelebaran  ruas jalan di pertigaan simpang lahomi, semuanya  telah di lakukan pembebasan lahan dan hak oleh pemilik lahan. Kami tim juga menyampaikan kepada Bupati Nias Barat untuk kesediaan Pemerintah Kabupaten Nias Barat  membangun pelebaran ruas jalan di pertigaan  simpang tiga lahömi khususnya jalur dari Tigaserangkai menuju ke Sisobandrao, Tutur Dolai mengakhiri. 


Selanjutnya Sekda Nias Barat Sozisokhi Hia, SH., MM (selaku pengarah Tim Formateur) menyampaikan bahwa tim formateur bertugas untuk melakukan sosialisasi kepada penatua adat,  tokoh masyarakat, setiap keluarga di tiap-tiap desa yang ada mauwu hia Si lima mo ina Lahömi. Tim ini akan bubar dengan sendirinya setelah  terlaksananya pertemuan besar (falukhata sebua) seluruh Mauwu Hia Si lima mo ina Lahömi yg direncanakan pada bulan november tahun 2022.


Kemudian, Pada pertemuan tersebut nantinya panitia definitif pemugaran dan pembangunan Tugu mauwu si lima Mo Ina Lahömi akan dibentuk dan dikukuhkan oleh penatua adat So Ikhu So Bawanazese Si lima mo ina Lahömi. Kalau sepakat pada pertemuan besar tersebut maka peletakkan batu pertama pembangunan bundaran di pertigaan simpang lahomi kita mulai awal bulan Januari 2023, Ungkapnya.


Dalam sambutannya Bupati Nias Barat Khenokhi Waruwu menyampaikan bahwa mendukung program pemugaran dan pembangunan tugu mauwu Hia si lima mo ina Lahomi sebagaimana yang telah di paparkan oleh Tim. Anak Muda saat ini harus kreatif untuk membangun gagasan dan ide  serta mengikuti trend mark era milenial. Pemuda sebagai tonggak estafet yang melanjutkan dan melestarikan nilai nilai keluhuran budaya orang tua kita. Kalau orang - orang tua kita pada jamannya bisa bersatu maka sepatutnya pemuda mauwu hia si lima mo ina Lahömi bisa bersatu, Tuturnya. 


Ditambahkan Bupati, sesungguhnya potensi pemuda Mauwu Hia si lima mo ina Lahomi harus dikerahkan dan bersatu, sekarang banyak mauwu hia yang telah menjadi ASN dan memiliki jabatan struktural yang strategis di Pemerintahan Kabupaten Nias Barat mulai dari Eselon IV hingga Eselon II A juga sebagai Kepala Sekolah, Kepala Pustu dan itu dilibatkan semuanya sehingga menjadi tim atau pun panitia  untuk mendukung kegiatan ini,  Imbuhnya.


Pada kesempatan itu, Bupati Nias Barat  berjanji akan meminta Dinas PUTR Kabupaten Nias Barat untuk melakukan pelebaran ruas jalan  pertigaan simpang tiga Lahömi sesuai dengan kebutuhan.


"Saya akan meminta Dinas PUTR kabupaten Nias Barat untuk melakukan pelebaran jalan pertigaan simpang tiga Lahomi sesuai kebutuhan yang telah disampaikan oleh tim," Tuturnya. 


Oleh Kades Tugalagawu Bemano Hia menyampaikan wilayah desa mana saja yang masuk dalam keluarga besar mauwu hia si lima mo ina Lahomi ialah di wilayah di Kecamatan Sirombu ada 10 desa dan di Kecamatan Lahomi ada 4 desa serta ada 1 di Kecamatan Mandrehe Barat yaitu Desa Sisobaoho, Jelasnya. (UtGulo)

Lebih baru Lebih lama