Korwil PMPHI Ingatkan Jangan Campuri KPK RI dan Jangan Paksa Firli Berpolitik


OTORITA.ID-Medan, Korwil Pusat Monitoring Politik Hukum Indonesia (PMPHI) Sumut Drs Gandi Parapat meyakini, ketua KPK Firli tetap konsisten menjalankan tugasnya sesuai UU KPK dan tidak akan terpengaruh oleh kepentingan atau kekuatan politik manapun dan pengaruh siapapun.


“Masyarakat luas harus tetap memberikan kepercayaan dan dukungan kepada KPK,  apalagi periode yang sekarang tinggal 10 bulan lagi. Kalaupun KPK seperti ditarik atau dipengaruhi untuk berpolitik, masyarakat harus jeli dan bergerak atau bersuara agar KPK tetap bekerja, kerja dan kerja sesuai dengan UU KPK,” kata Gandi kepada wartawan, Sabtu (11/2/2023).


Apabila Firli dipengaruhi oleh orang tertentu, misalnya kata Gandi, masalah Formula E tidak ada kesimpulan, KPK diprotes agar tidak melakukan OTT. Hal itu akan membuat citra buruk ke KPK dan juga kepada ketua Firli Bahuri. “Dengan adanya anggota Polri kembali bertugas ke Polri dan anggota Jaksa kembali bertugas di Kejaksaan, hal itu adalah biasa tidak perlu membuat penafsiran/penilaian yang luar biasa,” tambahnya.


Gandi menjelaskan, Anies Baswedan yang diperiksa KPK masalah Formula E, pasti banyak yang punya kepentingan dan pengaruh. KPK kemungkinan besar dipengaruhi agar Formula E tidak tuntas karena kepentingan Politik.


“Kami PMPHI pasti akan kecewa berat,  apabila Anies Baswedan tidak dinyatakan bersalah atau tidak bersalah. Kami sangat yakin ketua KPK tidak akan terpengaruh atau takut sehingga tidak punya kepribadian. Firli Bahuri sudah sangat teruji kepribadian dan tanggungjawabnya,” tegas Gandi.


Hal itu, lanjut Gandi, bisa dilihat semenjak Firli menang dan akan menjadi ketua KPK banyak kali yang protes termasuk dari KPK, semua akan mundur apabila Firli diangkat menjadi ketua KPK.


“Orang jujur, tegas dan bertanggungjawab, berkepribadian, biasanya tidak disukai orang jahat. Mereka selalu mengintip dan menciptakan situasi agar orang jujur tidak

merasa nyaman. Kalau ada dua seperti Firli Bahuri kami sangat yakin negara ini pasti semakin baik,” harapnya.


Menurut Gandi, KPK sebaiknya segera membuat Anies Baswedan Bersalah atau tidak bersalah di Formula E, guna memastikan dukungan masyarakat menjadi Prediden RI.


“Kalau KPK atau Firli terganggu karena pengaruh kekuatan tertentu, bisa mempengaruhi masyarakat ke Anies Baswedan. Kami tetap sangat yakin Firli Bahuri akan menyelesaikan tugasnya sesuai ketentuan dan tidak takut. Kami sangat berkeyakinan Kapolri dan Kejagung tetap mendukung KPK dengan menugaskan atau memberi anggotanya bekerja di KPK sesuai kebutuhan,” pungkas Gandi.(red)

Lebih baru Lebih lama