Kapolri Pantau Arus Mudik di Jalan Tol dan Arteri dari Udara Naik Helikopter


OTORITA.ID-Jakarta, Kapolri Jenderal Drs Listyo Sigit Prabowo melayang di udara dengan helikopter untuk memantau langsung situasi arus mudik Hari Raya Idul Fitri/ 1 Syawal 1444 H/2023 M.


Jenderal bintang empat itu melalui udara mengamati secara langsung arus lalu lintas mudik lebaran saat ini mulai jalan tol ataupun jalan arteri. Dalam pantauan Sigit, Wilayah Ibukota Jakarta, Cikampek, Cirebon, Bogor, Bandung dan daerah sekitarnya.


Peninjauan Sigit untuk mengetahui secara langsung, apakah sudah terjadi peningkatan volume kenderaan pemudik hingga titik-titik rawan macet ketika arus mudik berlangsung.


Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia lakukan tinjauan dari udara sebagai komitmen menindaklanjuti Instruksi Presiden Ir.H.Joko Widodo (Jokowi) untuk mewujudkan pengamanan arus mudik dan balik lebaran 2023 jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.


Sigit dalam peninjauan untuk memastikan bahwa pihaknya giat mematangkan kesiapan serta melakukan evaluasi dalam rangka mengamankan arus mudik dan balik lebaran 2023.


Kesiapan yang kini dibahas serta dilakukan, Sigit mengatakan, terkait dengan penerapan rekayasa lalulintas (Lalin) berupa Contra Flow, One Way, hingga Ganjil Genap saat arus mudik balik lebaran 2023.


"Walaupun puncak arus, dipastikan akan terjadi peningkatan arus yang menyebabkan kondisi kemacetan, karena memang kapasitas jalan terisi volume yang lebih besar dari biasanya.


Sehingga perlu mengadakan rekayasa mulai dari ganjil genap, One Way, Contra Flow dan sampai rekayasa-rekayasa yang lain,"sebut Sigit usai memberi bantuan sembako di kantor PP Persis Bandung, Jabar, Sabtu, 15 April 2023.


Strategi rekayasa lalin lintas jalan tol, sambung Sigit, perlu dipersiapkan agar perjalanan mudik tahun ini lebih baik, aman dan lancar. Apalagi pada tahun ini jumlah pemudik diprediksi akan mengalami peningkatan.


"Ini semua kita lakukan agar proses perjalanan mudik betul-betul bisa terkelola dangan baik dan masyarakat bisa sampai tujuan mudik dengan lancar dan juga harapan kita semuanya selamat, " ujar Sigit.


Jenderal Sigit, juga mengimbau kepada semua masyarakat yang melakukan perjalanan mudik untuk mengikuti seluruh aturan- aturan yang telah disiapkan demi menjamin terwujudnya keamanan dan kenyamanan.


"Jangan memaksakan dan hati-hati di jalan, kemudian ikuti informasi terkait mudik, ikuti aturan yang sudah dibuat. Sehingga semuanya bisa melaksanakan mudik aman, tertib dan menghindari risiko kecelakaan yang mungkin bisa terjadi di jalan,"ucapnya.


Tak hanya itu, Sigit menegaskan pekan depan Polri dan lintas sektoral terkait akan melakukan apel gelar pasukan menandai dimulainya Operasi Ketupat'2023.


Saya mengingatkan kepada masyarakat, karena saat lagi kita sudah masuk dalam rangkaian mudik dan sudah dari kemarin. Tentunya Polri akan melaksanakan apel gelaran Operasi Ketupat dalam rangka mengawal dan mengamankan agar mudik berjalan lancar sesuai dengan harapan masyarakat, "tutup Sigit. (red)

Lebih baru Lebih lama