BUMDesa SEMIKI Desa Hilibadalu Ikuti Lomba Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2023


OTORITA.ID – Nias Barat, BUMDesa SEMIKI Desa Hilibadalu Kecamatan Ulu Moro'o, Salah satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dari Kabupaten Nias Barat ikuti lomba tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023, penilaian oleh tim dari provinsi Sumatera utara di laksanakan di Aula Kantor Camat Ulu Moro’o, Rabu (03/05/2023).


Kepala Desa Hilibadalu Nahaso Waruwu, SH,  menyampaikan bahwa pelaksanaan Lomba BUMDesa ini seharusnya dilokasi desa hilibadalu, namun mengingat situasi jalan yang sulit untuk ditempuh oleh roda empat maka atas petunjuk Camat Ulu Moro'o dan Dinas PMD Kabupaten Nias Barat maka pelaksanaannya di pusatkan di Aula Kantor Camat Ulu Moro'o, Ujar Kades Hilibadalu.


Camat Ulu Moro’o Inovasi Gulo, ST.,MM Pada kata sambutannya menyambut baik kedatangan Tim Penilai dari Provinsi Sumatera Utara.


“Berdasarkan Surat dari Kepala Dinas PMD provinsi Sumatera Utara, maka kami dan Tim dari Kantor Camat sudah datang langsung survey lokasi Desa, disana Kendaraan susah untuk dilalui, sering longsor dan bisa mengancam keselematan pengendara. Maka demi kenyamanan para tim penilai, maka tanpa mengurangi nilai, akhirnya kita sepakati lokasi pelaksanaan lomba di Kantor Camat Ulu Moro’o”, Jelas Camat. 


Masih Camat, Saya mewakili seluruh masyarakat Kecamatan Ulu Moro'o menyampaikan bahwa kami masyarakat kecamatan ulu moro'o sangat bangga, berterima kasih dan menyambut dengan baik atas kedatangan tim penilai dari Provinsi Sumatera Utara. Ujar Camat.


Diwaktu yang sama, Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias Barat yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Septemberlinus Gulo, SE menyampaikan sangat menyambut baik kedatangan Tim dari Provinsi Sumatera Utara. 


Sekdis juga menjelaskan bahwa ada 2 (dua) BUMDesa yang sudah ikut lomba di tingkat provinsi Sumatera Utara pada tahun 2021 utusan Kabupaten Nias Barat yaitu BUMDesa Satu Hati Desa Sirombu Kec.Sirombu, dan di tahun 2022 Utusan Kabupaten Nias Barat yaitu BUMDesa Satua Ambukha, Desa Ambukha Kec. Lolofitu Moi, dan telah meraih peringkat 6 (enam) Besar di tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Kedua BUMDesa tersebut Satu hati dan Satua ambukha sudah mendapat penghargaan dari Gubernur Sumatera Utara. 


Selanjutnya, pada tahun 2023 ini Utusan dari Kabupaten Nias Barat untuk ikut lomba ialah BUMDesa Semiki, Desa Hilibadalu Kecamatan Ulu Moro’o. 


Pada bulan februari 2023 kita sudah melaksanakan lomba BUMDesa di tingkat kecamatan dan tingkat Kabupaten dan sebagai peringkat satu yaitu BUMDesa Semiki Desa Hilibadalu, sehingga hari ini sebagai utusan Kabupaten Nias Barat adalah BUMDesa Semiki.

Nama BUMDesa Semiki ini disingkat dengan arti “Semua milik kita”, dimana pengurus BUMDes ini sudah mengikuti pelatihan di medan pada bulan kemarin, Kata ujar Sekdis.


Kepala Bidang Pembangunan dan Pengembangan Kerjasama Ekonomi Desa, Drs. Toman Nababan, M.SP, menyampaikan beberapa hal seputar BUMDesa. Beliau mengatakan bahwa sudah menjadi harapan kita semua bahwa Kemajuan BUMDesa dimasing – masing Desa menjadi upaya menjadi sumber PAD Desa, sehingga walaupu Dana Desa (DD) tidak ada lagi, namun dg adanya BUMDesa berarti desa sudah ada usaha sendiri. 


Diakhir sambutannya, Kabid menyampaikan bahwa keberhasilan BUMDesa menjadi salah satu jaminan pembangunan desalebih maju, BUMDesa maju apabila dikelola dengan baik dan benar oleh pengurus dan unit usaha sesuai aturan yang telah ditetapkan, baik peraturan pusat, daerah maupun desa. Ujar pak Kabid dari Provsu.


Selanjutnya Direktur / Direktris BUMDesa SEMIKI Desa Hilibadalu, Novri Waruwu memaparkan dan mempresentasikan dengan penuh rasa percaya diri kepada Tim Penilai melalui power point dan dibantu oleh pengurus BUMDesa lainnya, sebagaimana situasi keadaan Usaha BUMDesa yang sudah dilaksanakan maupun yang sedang diperjuangkan melalui program kerja, dan kajian – kajian usaha lainnya berbasis Prukades (Produk Unggulan Kawasan Pedesaan). 


Selanjutnya para Tim penilai dari Provinsi Sumatera Utaramengajukan beberapa pertanyaan dan masukan-masukan terkait perkembangan BUMDesa SEMIKI Desa Hilibadalu Kecamatan Ulu Moro'o.


Pada pelaksanaan Penilaian Lomba BUMDesa tingkat provinsi ini turut dihadiri oleh Dinas PMD kabupaten Nias Barat, Sekdis PMD Septemberlinus Gulo, Kepala Bidang PM Penieli Waruwu, dan Pegawai Jabatan Fungsional, Camat Ulu Moro’o beserta dengan seluruh Pegawai kantor Camat, Tim dari Provsu, TAPM oleh Syukurman Gulo, Tadeus M Daeli Faahakhododo Hia, PLD dan PD, Kepala Desa Hilibadalu dan Perangkat Desa Hilibadalu serta pengurus BUMDesa SEMIKI. (UT)

Lebih baru Lebih lama