Rayakan HUT Ke-4 DAG, Pengurus Tabur Bunga di Makam Pahlawan

LASSERNEWS.COM - Jakarta, Pengurus Perhimpunan Demi Anak Generasi (DAG) memberikan penghormatan secara khusus kepada para pahlawan bangsa. Bentuk penghormatan dilakukan melalui kunjungan ke makam pahlawan yang berada di sejumlah wilayah provinsi seperti, Sumatera Utara, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan DKI Jakarta. Dalam kunjungan tersebut, segenap jajaran pengurus DAG melaksanakan kegiatan bersih-bersih, renungan, dan tabur bunga.

"Untuk memperingati HUT Ke-4 DAG, diminta kepada pengurus DPD dan anggota DAG untuk melaksanakan kegiatan bersih-bersih dan tabur bunga di Taman Makan Pahlawan. Tentu ini momentum untuk pengurus dan anggota DAG senantiasa mengenang perjuangan para pahlawan bangsa dan menumbuhkan semangat kepahlawanan dan kepemimpinan," kata Ketua Umum DAG, Edo Panjaitan, ketika dikonfirmasi awak media, Jumat (29/6/2018).

Menurut dia, kegiatan ini juga merupakan perenungan empat tahun berdirinya Perhimpunan DAG, yang sekaligus untuk menanamkan rasa hormat dan menghargai jasa-jasa pahlawan bangsa.

"Kegiatan ini wajib diikuti oleh pengurus DPD dan anggota DAG di daerahnya masing-masing, dan memakai seragam kemeja atau kaos DAG," jelasnya.

Prosesi Acara

Edo menjelaskan, sebelum memasuki areal Taman Makam Pahlawan kepada pengurus dan kader DAG berkumpul dan berbaris di halaman Taman Makam Pahlawan untuk terlebih dahulu mengadakan upacara penghormatan.

"Upacara penghormatan ini dipimpin oleh Ketua DPD DAG, dan wajib diikuti pengurus dan anggota DAG lainnya secara hikmat," ujarnya.

Usai upacara penghormatan, pengurus dan anggota DAG akan dipandu oleh pengelola Taman Makam Pahlawan untuk mulai memasuki areal dalam di Taman Makam Pahlawan. Selanjutnya, melakukan penghormatan menghadap ke arah monumen yang berada di Taman Makam Pahlawan. Barulah kemudian, upacara tabur bunga dilakukan.

"Penghormatan ke arah monumen diartikan, bahwa pengurus dan seluruh anggota DAG agar senantiasa punya jiwa nasionalisme yang tinggi, setia mengawal keutuhan NKRI," paparnya.

Selanjutnya, tambah Edo, melakukan kegiatan bersih-bersih dengan cara mencabut rumput yang ada di areal makam dan menyapu bersih ranting pohon serta dedaunan yang berjatuhan di sekitar makam.

"Setelah bersih-bersih, kemudian upacara tabur bunga dilakukan. Pengurus dan anggota DAG merapikan barisan untuk kemudian menaburkan bunga di makam pahlawan. Terima kasih, saya hormat dan bangga kepada pengurus DPD dan anggota DAG yang sudah melaksanakan kegiatan mulia ini," tutup Edo mengakhiri.

Seperti diketahui, HUT Ke-4 DAG jatuh pada tanggal 29 Juni 2018. Adapun kegiatan bersih-bersih dan tabur bunga ini diakhiri dengan melakukan penghormatan terakhir sebelum pengurus dan anggota DAG meninggalkan areal Taman Makam Pahlawan tersebut. (Rel)
Lebih baru Lebih lama