Kunjungan Kapolri dan Panglima TNI Bertatap Muka dengan Tokoh Masyarakat Jayawijaya

LASSERNEWS.COM - Jayapura, Pada Kamis tanggal 7 September 2019 pukul 11.52 wit bertempat di Ruang Sasana Wio Pemda Jayawijaya telah berlangsung kegiatan tatap muka Kapolri dan Panglima TNI bersama Tokoh masyarakat, tokoh agama se Kabupaten Jayawijaya.

Hadir dalam kegiatan: 
Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Prof. DR. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D, Panglima TNI Marsekal Tni Hadi Tjahjanto, S.IP, Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri komjen pol. Condro kirono, Asisten Operasi Kapolri Irjen pol. Drs. Martuani sormin, M.Si., Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Mohammad Iqbal, Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen TNI Yhosua Pandit Simbiring, S.IP., Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Rudolf Albert Rodja, Dankor Brimob Polri Irjen Pol Drs. Anang Revandok, Analisis kebijakan Lemdiklat Polri Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, Kasdam XVII / Cendrawasih Brigjen TNI Irham Waroihan, S.Sos.

Muspida Jayawijaya :
1) Jhon R. Banua, SE, MM (Bupati Jayawijaya)
2) Marthen Yogobi, SH, M.Hum (Wakil Bupati Jayawijaya)
3) AKBP Tonny Ananda S, SH (Kapolres Jayawijaya)
4) Letkol Inf. Chandra Dianto (Dandim 1702 / Jayawijaya) 
5) Mayor Inf. Arief Budi Situmeang (Danyon 756 / wms)
6) Taufik Petrus Latuihamalo (Ketua DPRD Jayawijaya)
7) Drs. Tinggal Wusono, M.AP (Plt. Sekda Jayawijaya)
8) Christian Sohilait (Sekda Kab. Lanny Jaya)
9) Jimi Asso ( anggota DPRD Jayawijaya)
10) Togar Rafilion, SH (Kepla Kejaksaan Negeri Wamena).

Tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama Kab. Jayawijaya :
1) Adolf R. Beay (ketua Paguyuban Nusantara)
2) Pdt. Esmon walilo ( ketua FKUB Jayawijaya)
3) dr. H. Rudi Hartono ismail, S.Pd, M.Pd (ketua STISIP AI YAPIS Wamena)
4) Pdt. Alexander Mauri (Sekretatis FKUB Jayawijaya)
5) Yustinus Asso (Ketua KNPI)
6) Pdt. Jhon Nap (ketua GKII)
7) Theo Hesegem (ketua advokasi Hukum dan HAM sepegunungan Tengah)
8) Pater Jhon Jonga (Tokoh Agama kapung Megapura)
9) Habo Holago (tokoh adat distrik asologaima)
10) Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan Tamu Undangan yang berjumlah sekitar 200 Orang.

Rangkaian kegiatan:
Pukul 11.40 wit Kapolri dan Panglima TNI beserta Rombongan Tiba di Bandara Wamena dengan menggunakan Pesawat HERCULES A1335 yang dijemput Oleh Bupati Jayawijaya beserta Muspida Jayawijaya.

Pukul 12.05 Wit Kapolri dan Panglima TNI beserta Rombongan Tiba di Kantor Bupati Jayawijaya selanjutnya melaksanakan tatap muka dengan agenda sebagai berikut , Pembukaan, Doa yang dibawakan oleh Pdt. Esmon walilo ( ketua FKUB Jayawijaya), istirahat Makan siang, menyanyikan Lagu indonesia Raya.

Pukul 12.47 Wit Ucapan selamat datang oleh Jhon R. Banua, SE, MM (Bupati Jayawijaya) yang pada intinya menyampaikan, Pada kesempatan ini saya menyampaikan selamat datang di Kab. Jayawijaya. Kami menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk menjadi lokasi tatap muka ini. 

Saya berharap melalui kedatangan Bapak Panglima dan Kapolri dapat mengetahui perkembangan daerah dan permasalahan yang ada di daerah ini. Yang pada akhirnya akan dapat memajukan daerah kabupaten Jayawijaya. Saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk dapat menjaga keamanan dan ketertiban di daerah ini. Kami berharap dengan kehadiran Bapak Kapolri dan Panglima TNI dapat mendatangkan kesejukan di Kabupaten Jayawijaya. 

Pukul 12.52 Wit Sambutan Jendral Pol. Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, P.hD (Kapolri) yang menyampaikan, Tuan rumah Yaitu Bapak Bupati dan wakil bupati sudah lama disini. Kami mengucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat. 

Banyak perubahan  dan kemajuan terjadi di Kabupaten Jayawijaya setelah terakhir kalinya saya berkunjung disini. Selamat kepada pemerintah dan masyarakat atas semua perubahan perubahan di daerah ini.

Semoga kedepan pembangunan infrastruktur cepat diakukan karena jayawijaya merupakan pusat dari beberapa daerah di Pegunungan. Karena tanpa infrastruktur, mobilitas barang dan orang tidak bisa dilakukan. Daerah ini merupakan lembah yang paling subur di Indonesia. Potensi Pertanian, peternakan bisa dikembangkan dengan maksimal. Bahkan kopi dan hasil bumi lainnya menjadi daya tarik daerah lainnya. 

Kami sudah janji beberapa minggu lalu ke wamena, namun karena ada kegiatan lain sehingga hari ini kita baru bisa bertemu disini. Saya sangat yakin ini merupakan rencana Tuhan YME. Terima kasih banyak atas sambutan yang meriah. 

Pukul 13.07 Wit Sambutan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP (Panglima TNI) yang menyampaikan, Saya hadir di wamena ingin banyak mendengar dari Bapak Ibu sekalian, kita bicara dari hati ke hati. Papua merupakan bagian integral dari NKRI, sehingga Bapak ibu sekalian memiliki hak yang sama dengan di daerah lain. 

Pukul 13.27 wit penyampaian dr. H. Rudi Hartono ismail, S.Pd, M.Pd (ketua STISIP AI YAPIS Wamena) selaku perwakilan paguyuban sepegunungan Tengah yang menyampaikan, Kami mengapresiasi pemerintah Kabupaten jayawijaya yang telah menjamin keamanan dan ketertiban di Kabupaten Jayawijaya.

Harus ada konsep yang tepat di Kabupaten Jayawijaya yang memiliki karakter yang berbeda dengan daerah lainnya.  Harus ada pilot project di kampung kampung sehingga kehidupan masyarakat dapat terlihat kebersamaannya dan kesatuannya. Masyarakat menginginkan perhatian yang serius dari Pemerintah Daerah. 

Pukul 13.35 wit penyampaian Aleks Silosukarnodoga (tokoh masyarakat asologaima) sbb, Saya merupakan salah satu tokoh pepera. Dan saya sudah sampaikan aspirasi kami ke Jakarta. Namun saya akan sampaikan langsung disini. 

Saya berbicara mewakili tua tua sepegunungan tengah, saya tidak mau Papua ribut terus. Agar bisa bangun daerah pemekaran. Tolong segera Tanah seluas 90 Hektar yang telah kami serahkan Pangdam agar segera dibangun Korem. Anggota TNI dan POLRI disini datang bukan untuk membunuh masyarakat tapi untuk mengamankan masyarakat. 

Bapak kapolri tolong tingkatkan Binmas Noken. Agar Daerah jajatan lain membangun kodim dan koramil agar semua aman. Saya orang adat yang asli NKRI, ini tempat kami tidak boleh orang lain mengacaukan daerah ini. Tolong lihat pejuang NKRI dan tokoh Pepera untuk dibuat pemukiman yang layak. Kunci pembangunan ada pada Negara karena fungsi pembangunan ada pada negara. Saya minta Harus ada Mako Brimob di Wamena. 

Pukul 14.33 Wit Doa penutup oleh Dekan Dekenat pegunungan tengah Pastor Kornelis Basa Kopon Projo.

Pukul 14.36 Wit menyanyikan Lagu Bagimu Negeri.

Pukul  14.44 Wit Penutup dilanjutkan dengan Foto bersama.

Pukul 14.50 Wit Kapolri dan Panglima TNI beserta Rombongan menuju Bandara Wamena.

Pukul 14.56 wit Kapolri dan Panglima TNI tiba di Ruang Tunggu Bandara Wamena selanjutnya memberikan Tali Asih kepada Personel Perwakilan TNI POLRI.

Pukul 15.10 wit Kapolri dan Panglima TNI beserta Rombongan Bertolak dari Bandara Wamena Menuju Kabupaten Timika dengan menggunakan pesawat Herkuler A1335. (Red)                                     
Lebih baru Lebih lama