Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama Perpanjangan Antara Polda Sumut dengan PT. Inalum

LASSERNEWS.COM - Medan, Pada hari Jumat tanggal 06 September 2019 pukul 08.00 Wib bertempat di Aula Tribrata Polda Sumut dilaksanakan Penandatanganan Kesepahaman bersama (Mou) perpanjangan antara Polda Sumut dengan PT. Inalum (Persero).

"Sebagai pimpinan Polda Sumatera Utara, Saya ucapkan terima kasih atas terselenggaranya kesepakatan bersama ini, semoga dengan penandatanganan MoU ini, dapat membawa keuntungan bagi kedua belah pihak guna mensukseskan pembangunan daerah sumut. PT. Indonesia asahan aluminium (inalum) adalah badan usaha milik negara (bumn) yang bergerak di bidang industri aluminium terpadu dan merupakan salah satu objek vital nasional (obvitnas) berdasarkan keputusan menteri  perindustrian nomor: 541/m-ind/kep/12/2015 tentang objek vital nasional sektor industri; yang menyangkut hajat hidup orang banyak dan salah satu sumber pendapatan negara, perlu mendapatkan prioritas pengamanan untuk menjamin operasional pt. Inalum (persero) agar berjalan dengan baik," ujar Kapolda Sumut.

Kapolda menambahkan Peran dan tanggung jawab BUMN sebagai penggerak katalisator perekonomian serta dalam hal tanggung jawab lingkungan dan sosial, terasa semakin kompleks. Tuntutan perolehan deviden yang maksimal, yang harus diiringi dengan proses bisnis dan penerapan tata kelola perusahaan yang baik, sering kali menghadapi berbagai masalah. Salah satunya adalah permasalahan di bidang hukum dan keamanan.

Adapun garis besar MoU, dalam kesepakatan bersama yang akan ditandatangani meliputi: sosialisasi kebijakan, pengamanan aset perusahaan, peningkatan koordinasi, tukar menukar informasi, penyusunan penetapan konfigurasi standar pengamanan dan kualitas kemampuan pelaksanaan pengamanan serta penindakan terhadap segala bentuk tindak pidana (penegakan hukum) yang terjadi di lingkungan pt. Inalum, pembinaan sumber daya manusia di bidang satuan pengamanan, kesepakatan pelaksanaan audit sistem pengamanan sektor industri sampai dengan kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilakukan.

"Perlu saya sampaikan bahwa hubungan kerjasama antara institusi Polda Sumut dengan  PT. Inalum (persero) sudah terjalin dimulai sejak penandatanganan mou tanggal 20 maret 2017 dan diteruskan dengan sosialisasi dan koordinasi pengamanan objek vital nasional di lingkungan PT. Inalum (persero) pada tanggal 11 januari 2018. Kemudian hari ini kita akan melakukan penandatanganan perpanjangan nota kesepahaman (MoU) dan pedoman kerja guna memperkuat kerjasama di bidang keamanan," pesan Kapolda Sumut.

Kapolda menegaskan bahwa ada atau tidak ada nya mou, diminta atau tidak diminta, Polri akan tetap melaksanakan tugas utama untuk melindungi, mengamankan dan mengayomi seluruh lapisan masyarakat sebaik mungkin. Hal ini sudah menjadi tupoksi polri yang tidak bisa ditawar lagi. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban bagi polda sumatera utara untuk memberikan perlindungan dan pengamanan khususnya terhadap PT. Inalum (Persero) baik potensi kerawanan, aktivitas maupun produktifitas dan pendistribusian dapat berjalan aman. Semoga nota kesepahaman ini bisa memberikan kontribusi yang positif bagi kedua belah pihak. Sehingga pt. Inalum semakin maju dan semakin banyak memberikan kontribusi positif bagi kemajuan daerah sumut.

Jika kontribusi PT. Inalum bagus, maka tentu berdampak pada pendapatan negara yang meningkat pula. Jika pendapatan negara bagus, maka insya allah bisa menaikkan taraf hidup kesejahteraan rakyat sumut. (ISMA)

Lebih baru Lebih lama