Babinsa Kodim 0110/Abdya Isi Kultum Subuh Di Mesjid Jamik Blangpidie

DETEKSI.co - Aceh Barat Daya, Ada pemandangan yang menarik setelah ibadah shalat Subuh di Mesjid Jamik Baitul Adhim Blangpidie, Senin (19/4/2021).

Biasanya yang mengisi Kuliah Tujuh Menit (Kultum) di Mesjid tersebut adalah para Alim Ulama dan Ustad, tapi di Subuh tadi berbeda dari biasanya, pengisi Kultumnya adalah anggota Babinsa Kodim 0110/Abdya, Sertu H Upud Syarifuddin.

Sebelum naik ke mimbar, anggota Babinsa tersebut terlebih dahulu membagikan masker kepada para jamaah, ini merupakan sebagai salah satu kampanye dan edukasi dalam menerapkan prokes Covid-19.

Layaknya seorang Ustad lainnya, Sertu H Upud Syarifuddin dengan semangat memberikan tausiah kepada para jamaah yang dibarengi dengan melafazkan berapa ayat Al-Qur'an dan Hadis yang terkait dengan tema kultumnya.

Di depan para jamaah ia memaparkan tentang Kecintaan Kepada Tanah Air Adalah Sebagian Dari Keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

"Al-Qur'an dan hadis merupakan pedoman hidup dalam berfikir dan bertingkah laku sehari-hari setiap umat muslim. Setiap umat musim wajib mematuhi hukum dan norma yang berlaku", ujarnya dengan semangat.

Diakhir ceramahnya Sertu H Upud Syarifuddin  mengingatkan pentingnya mengendalikan hawa nafsu dan meningkatkan keimanan agar terhindar dari perbuatan yang merugikan.

"Puasa sebagai momentum meningkatkan keimanan dan mengendalikan nafsu agar kita terhindar dari perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain serta merugikan negara dan bangsa", pungkasnya.

Amatan Deteksi.co yang kebetulan juga sebagai salah satu jamaah pada Shalat Subuh tersebut. Para jamaah terlihat sangat antusias mendengarkan Kultumnya. (Rob's)
Lebih baru Lebih lama