LSI Dukung Bobby : Urusan Sampah Menjadi Kewenangan Kecamatan

Dofuzogamon Gaho

DETEKSI.co - Medan, Bobby Nasution menyatakan, urusan kebersihan kota tak lagi ditangani oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan, karena pihaknya telah melimpahkan kewenangan tersebut kepada pihak kecamatan untuk menangani sampah organik maupun non-organik.

Terkait pernyataan Wali Kota Medan ini, (LSI) Lintas Suku Indonesia yang merupakan hasil reinkarnasi dari (Relis) Relawan Lintas Suku Bobby For Medan 1, yang ikut serta di kancah politik dalam pemenangan Bobby di Pemilukada lalu, sangat mendukung upaya Bobby terkait pelimpahan kewenangan penanganan sampah organik - non organik di wilayah kota Medan, Selasa (27/4/2021).

Sebelumnya Bobby mengatakan "Akan kita upayakan nanti penambahan armada pengangkut sampah, sehingga pembersihan yang dilakukan petugas akan lebih responsif lagi," katanya.

Selama ini Pemprov Sumut menyerahkan penanganan kebersihan Kota Medan kepada Pemkot. Dengan demikian, pihak kecamatan, kelurahan, dan kepala lingkungan bertanggungjawab penuh terhadap kebersihan di wilayah masing-masing.

Dengan adanya pelimpahan kewenangan kepada kecamatan, kini Dinas Kebersihan dan Pertamanan Medan bakal lebih fokus pada urusan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). 

"Para petugas kebersihan yang selama ini berada di bawah Dinas Kebersihan dan Pertamanan juga kita alihkan ke kecamatan," pungkasnya.

Sementara Ketua Umum Lintas Suku Indonesia (LSI), Dofu Zogamon Gaho kepada wartawan pada Rabu (28/4/2021) pukul 13'45 WIB di kantornya Jl Pembangunan No 32 Helvetia Medan terkait pelimpahan wewenang penanganan sampah itu mengatakan " ini sudah menjadi hak dan kewajiban kecamatan, apalagi menyangkut soal sampah. Bila berbicara soal penanganan sampah secara sosial memang harusnya menjadi tanggung jawab kecamatan melalui kelurahan dan kepala lingkungan.

Kenapa demikian, karena hubungan emosional mereka lebih dekat bila dibandingkan dengan para pihak Dinas Instansi. Dengan demikian kami Lintas Suku Indonesia sangat mendukung strategi yang dilakukan Bobby Nasution dalam mewujudkan Kota Medan Berkah yang bersih indah, berseri dan bermartabat ". demikian pungkasnya. (Subiyono)
Lebih baru Lebih lama