Junimart Girsang Giring 20 Ton Bantuan Benih Bawang Merah ke Dairi

Korda Junimart Girsang Center, Pisser Agustinus Simamora, bersama petugas Dinas Pertanian dan kelompok tani penerima bantuan bibit bawang merah diabadikan pada acara serah-terima di BPP Sitinjo, Senin (17/10/2022).

OTORITA.ID
-Dairi, Wakil Ketua Komisi II DPR-RI, DR Junimart Girsang SH, MBA, MH, MIP, menggiring bantuan bibit bawang merah kepada petani di Kabupaten Dairi, melalui dana aspirasi.


Sebanyak 20 ton bibit  bersertifikat dari  Brebes diserahkan kepada kelompok tani  di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi  Senin (17/10/2022).


Kepala Dinas Pertanian Dairi, Robot Simanulang melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan, Resmina Tampubolon menyampaikan, bantuan dimaksud bersumber dari Direktur Jenderal Holtikultura, Kementerian Pertanian,  dibagikan kepada 20 kelompok tani di 6 kecamatan yakni kecamatan Sidikalang, Sitinjo, Sumbul, Siempat Nempu Hulu, Siempat Nempu serta Tanah Kecamatan Pinem.


Selain bibit bawang, petani akan mendapat bantuan mulsa, pupuk NPK dan pupuk cair. Ia meminta petani menanam bawang dengan baik. Jangan dijual, ucap Resmina.


Sekretaris Camat (Sekcam) Sitinjo, Poltak Lumbangaol menyebut, dua Kelompok Tani diwilayhanya mendapat bantuan masing-masing di Desa Sitinjo 1 dan  Sitinjo 2. Dia berpesan agar bantuan ditanam dan dirawat dengan baik.


Dia mengapresiasi, upaya Junimart Girsang   mengupayakan dan merealisasi bantuan ke petani di Kabupaten Dairi. Apresiasi juga disampaikan kelompok tani penerima.


Kepala Desa Kempawa, Kecamatan Tanah Pinem, Ardat Ginting yang hadir  mendampingi Ketua kelompok tani Jumpa Rejeki, Arapen Pinem pada seremoni serah-terima bantuan mengucapkan terimakasih kepada pemerintah terutama kepada Wakil Ketua Komisi II DPR-RI, Junimart Girsang.



Menurut Ardat Ginting,  budidaya bawang merah di desa Kempawa cukup potensial, terbukti  Petani di desa setempat  sudah ada yang membudidaya, dan hasilnya cukup memuaskan.


Sementara itu, Koordinator Daerah (Korda) Junimart Girsang Center (JGC), Kabupaten Dairi, Pisser Agustinus Simamora menyampaikan, bantuan berasal  dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian yang direalisasi atas usulan Junimart Girsang.


Kebutuhan akan bibit bawang merah diserap Junimart Girsang dari petani  Dairi ketika melakukan kunjungan kerja ketengah masyarakat.


Pisser menambahkan,  selain bantuan bibit bawang merah, legislator kelahiran Sidikalang itu juga mengusulkan bantuan bibit jagung dan bantuan ternak, hanya saja yang direalisasi hingga saat ini masih  bantuan bibit bawang merah.


" Kita berharap, Kementan bisa segera merealisasikan usulan lain yang telah disampaikan Junimart Girsang, yang tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat", sebut Pisser. 


"Bantuan ini gratis dan diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat petani di Dairi. Jangan sampai  diperjual belikan", sebut Pisser sembari menyampaikan salam Junimart Girsang kepada warga Dairi (NGL)

Lebih baru Lebih lama