Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Pimpin Operasi Pemburuan Ladang Ganja


OTORITA.ID-Madina, Operasi (Ops) Pemberantasan areal ladang ganja Wilayah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Provinsi Sumatera Utara melakukan pemburuan langsung oleh, dua Jenderal itu yakni, Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, bersama Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Mochammad Hasan terjun lapangan basmi barang haram itu, Sabtu, 11 Nov 2023.


Dari data yang ada terdapat 18 titik lokasi ladang ganja berada areal perbukitan serta pegunungan. Untuk mencapai lokasi harus berjalan kaki dengan ekstimasi waktu perjalanan selama 6-10 jam.


Dalam pelacakan itu Pangdam I/BB, dengan Dansat Brimob, Dirkrimum, Dirnakoba, dan Kapolres Madina Polda Sum. Utara.


Kapolda Sumut, Irjen Agung Setya Imam Effendi, menjelaskan lokasi pemburuan ganja ini berada di Desa Laru Lombang, Kec Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal.


Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB "Ladang ganja itu ada 18 titik lokasi yang ditemukan setelah dipetakan melalui jaringan satelit dan cara manual dengan luas 150 hektar, "katanya.


Irjen Agung dalam ungkapannya, bahwa penemuan kadang ganja itu pihaknya telah mengamankan pimilik ladang ganja dan kurir yang membawa barang bukti hasil panen ganja untuk dijual.


"Kondisi areal temuan ladang ganja itu, cukup sulit dijangkau ke sasaran, karena daerah perbukitan dan pegunungan. Namun begitu, personel Serse dari Polri dan TNI berhasil temukan ladang ganja itu," ungkapnya.


Mantan Kapolda Riau itu menegaskan, Polda Sumatera Utara bersama Kodam I/BB dapat membasmi lokasi ganja tersebut, sebagai langkah tegas dalam pemberantasan narkoba karena menjadi musuh bersama.


"Diketahui dari hasil panen ganja akan diedarkan di kota Padang yang di kendalikan napi di Lapas Padang. Sedangkan terhadap napi itu telah diamankan untuk diproses pemeriksaan di Polda Sumatera Utara," ujarnya.(red)

Lebih baru Lebih lama