Peringati HUT RI ke-77, Pegawai PLN Gotong Royong Bantu Biaya Sambung Listrik Gratis ke 630 Keluarga di Papua dan Papua Barat


OTORITA.ID-Jayapura, 17 Agustus 2022- Pegawai PT PLN (Persero) berinisiatif memberikan bantuan berupa biaya penyambungan listrik gratis kepada 630 keluarga kurang mampu di Provinsi Papua dan Papua Barat. Bantuan yang diberikan melalui program Light Up The Dream ini bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77. 


Abraham Koromari salah satu warga Kota Jayapura penerima program Light Up The Dream,  mengucapkan terima kasih atas bantuan pemasangan listrik gratis yang diberikan. Masyarakat yang belum tersentuh listrik selama ini akhirnya bisa menjalankan aktivitas lebih baik dengan memanfaatkan listrik PLN. 


"Memang kami dulu tidak dapat menikmati listrik. Kami sangat bangga dan sangat mengucapkan terima kasih atas nama keluarga dengan bantuan yang diberikan PLN. Semoga anak-anak kami bisa belajar, karena sebelumnya kami menggunakan pelita. Kami sangat bersyukur atas ini," ungkap Abraham. 


General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Papua dan Papua Barat, Moch Andy Adchaminoerdin mengaku bersyukur dapat membantu masyarakat kurang mampu yang selama ini belum dapat menikmati listrik. 


Sebelumnya, sebagian besar warga penerima manfaat ini hanya menggunakan lampu pelita untuk penerangan pada malam hari. Melalui program ini, diharapkan listrik yang tersedia dapat memberikan manfaat dan penunjang aktivitas kehidupan sehari-hari masyarakat. 


"Bantuan penyambungan listrik tanpa biaya ini berasal dari donasi pegawai PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat. Kami merasa bersyukur bisa menyisihkan sebagian rezeki untuk membantu masyarakat di Tanah Papua ini bisa merasakan akses listrik," ujar Andy. 


Selain di Jayapura, program ini serentak dilakukan di 7 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN lainnya di wilayah Papua dan Papua Barat. Dari total 630 keluarga kurang mampu yang menerima bantuan tersebut, wilayah PLN UP3 Nabire menjadi penerima bantuan terbanyak sejumlah 300 keluarga. 


"Ke depan kami juga berusaha program ini tidak sampai di sini namun bisa terus berkelanjutan," tambah Andy. 


Andy menerangkan, program Light Up The Dream merupakan program bantuan penyambungan listrik tanpa biaya hasil dari donasi yang dilakukan oleh pegawai PLN dengan tujuan untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu dalam mendapatkan listrik.


Secara Nasional, hingga 17 Agustus 2022 sebanyak 3.306 keluarga mendapat bantuan biaya sambung listrik dari  program kepedulian pegawai Light Up The Dream. (Ril)

Lebih baru Lebih lama