Diawali Karnaval Budaya, Pesta Budaya Njuah-Njuah Dairi Tahun 2022 Dibuka


OTORITA.ID - Dairi, Pesta Budaya Njuah-Njuah yang merupakan event  tahunan di Kabupaten Dairi kembali digelar. Agenda berbasis budaya Pakpak itu diawali karnaval diikuti kontingen dari lintas etnik, perwakilan kecamatan, OPD dan  sekolah, Kamis (13/10/2022).


Karnaval berlangsung meriah, dilepas Sekda, Budianta Pinem dari depan Kantor Bupati Dairi menuju lokasi kegiatan di Gedung Nasional Djauli Manik.


Budianta Pinem dalam seremoni pelepasan karnaval menyebut,  pesta budaya Njuah-Njuah sempat terhenti selama  2 tahun dampak pandemi Covid-19.


Selain tampil dengan  ornamen budaya, peserta Karnaval juga datang dengan membawa hasil-hasil pertanian utamanya produk-produk pertanian dan hasil bumi lainnya dari masing-masing kecamatan.


Sementara peserta yang merupakan perwakilan etnik, tampil dengan nuansa budaya seperti pakaian, musik dan tarian etnik masing-masing sebagai bagian dari kekayaan budaya tanah air yang ada di Dairi.


Sementara itu, pada seremoni pembukaan di Gedung Nasional Djauli Manik digelar upacara "Mersodip' (berdoa-red) dipimpin tokoh adat Pakpak untuk  memohon berkah dari Yang Maha Kuasa bagi Kabupaten Dairi.


Sodip juga dimaksudkan untuk memohon kesuburan bagi bumi Dairi dan terhindar dari segala marabahaya dan bala, juga agar masyarakat Dairi hidup rukun dan damai ditengah keberagaman yang ada.


Pesta Budaya Njuah-Njuah dijadwalkan berlangsung hingga Jumat (14/10/2022) dengan rangkaian kegiatan bernuansa budaya. Event tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya pelestarian budaya Pakpak. (NGL)

Lebih baru Lebih lama